IP

Senin, 08 Maret 2010

Pengusaha Turki di Inggris Minati Produk Unggulan RI

detikcom-Para pengusaha Turki yang berbasis di London Inggris menjajaki pembelian produk-produk unggulan Indonesia. Setidaknya ada 12 perusahaan yang menjajaki pembelian produk-produk Indonesia dengan nilai ratusan juta poundsterling.

Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Hesti Indah Kresnarini mengatakan setidaknya beberapa produk yang diminati untuk diekspor ke Inggris oleh para pengusaha Turki antara lain produk alas kaki, batubara, furniture, makanan olahan, spare part, garmen dan tekstil, karet alam, keramik, kopi, dan lain-lain.

"Ini baru penjajakan mereka ingin mengetahui dahulu. Beberapa dari mereka sudah menyatakan minatnya, kita siapkan para eksportir kita," kata Hesti saat menerima delegasi Buyer Turkish British Business Association di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (6/3/2010).

Hesti menjelaskan para delegasi pengusaha Turki di Inggris ini akan berada di Indonesia selama 4 hari, termasuk akan mengunjungi Bandung dalam rangka bisnis. Hesti menambahkan hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa potensi ekspor dari komitmen para buyer Turki di Inggris ini.

"Targetnya kami belum bisa dihitung karena ini masih penjajakan," jelas Hesti.

Sementara itu Sekjen Turkish British Business Association Serkan Kurt mengatakan kunjungan delegasi ini merupakan pertama kali bagi para pengusaha Turki di Inggris ke Indonesia. Ia memperkirakan transaksi dagang yang bisa dicapai dari kunjungan ini mencapai ratusan juta poundsterling.

Serkan mengatakan salah satu alasannya mengincar produk-produk Indonesia karena dianggap kompetitif dengan kualitas memuaskan. Ia mencontohkan produk tekstil dan garmen Indonesia secara kualitas lebih unggul dari produk China, namun harganya relatif sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar