IP

Selasa, 21 Desember 2010

Tips Sukses Penalti dari Psikolog

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Psikolog dari University of Exeter, Inggris, Greg Wood, menyarankan kepada pemain Inggris untuk mengabaikan keberadaan penjaga gawang saat melalui drama adu penalti. Saran Wood cukup tepat mengingat Inggris kerap gagal melalui drama adu penalti.

"Pemain Inggris harus mengabaikan keberadaan penjaga gawang. Ini jika mereka ingin memperbaiki kesempatan untuk memenangkan adu penalti pada pertandingan sekelas piala dunia," ujar Woods seperti dikutip Telegraph, Selasa (8/6).

Woods melihat, secara psikologis pemain begitu gelisah ketika berhadapan secara langsung dengan penjaga gawang ketika akan melakukan tendangan. Kondisi itu jauh berbeda ketimbang pemain berhadapan dengan penjaga gawang saat pertandingan masih berjalan.

"Inggris pasti memiliki masalah dengan adu penalti bila dibandingkan dengan tim lain seperti Jerman. Catatan menunjukkan bahwa Jerman mampu memenangkan 80 persen drama adu penalti, sedangkan Inggris hanya mampu memenangkan 70 persen dari adu penalti mereka," jelas Woods.

Woods pun berandai, jika ia melatih Inggris maka yang pertama ia lakukan saat memberikan saran kepada pemain ketika adu penalti berlangsung adalah tendang bolanya dan arahkan ke posisi yang tepat lalu abaikan penjaga gawang. "Kendati dia (penjaga gawang) tahu ke mana bola itu berada, tapi dia tidak akan mendapatkan bolanya karena ditempatkan di sudut atau posisi yang tepat," tukasnya.

Sebelumnya, Woods dan koleganya mengungkap, ketika pemain meletakkan bola pada posisi ke arah gawang, kebanyakan pemain cenderung melihat penjaga gawang. Itu sebabnya, tekanan terhadap pemain begitu besar dan semakin besar ketika rasa gugup sudah muncul dan akhirnya arah bola yang disepak pemain justru mengikuti arah mata. Penjaga gawang kemudian menangkap kecenderungan itu dan akhirnya memiliki peluang besar menangkap bola.

Fakta itu terungkap, ketika peneliti memberikan semacam kacamata khusus kepada pemain. Peneliti kemudian memberikan arahan kepada pemain untuk mengabaikan penjaga gawang. Hasilnya, pemain mampu mencetak 7 gol dari 10 kesempatan.

Ihwal nasihat kepada penjaga gawang 'The Three Lions', julukan timnas Inggris, Woods menyarankan agar penjaga gawang Inggris memberikan aksi provokatif untuk menarik perhatian pemain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar